DEFINISI

Apa itu batu ginjal?

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk pada ginjal dari zat yang ada pada urin. Proses Batu ginjal disebut dengan Nephrolithiasis. Batu ginjal yang ditemukan pada seseorang biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci saja. Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran kencing yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Seberapa umumkah batu ginjal?

Batu ginjal umum terjadi pada manusia. Batu ginjal biasanya diderita pada pasien berusia di atas 40 tahun. Batu ginjal bisa diatasi dengan mengurangi faktor-faktor yang berisiko untuk kesehatan kita. Untuk penanganan batu ginjal lebih lanjut sebaiknya berdiskusi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

https://mindfullners.com/batu-ginjal/

TANDA & GEJALA

Apa saja tanda-tanda dan gejala batu ginjal?

Sepertiga dari populasi manusia didunia memiliki batu ginjal, tapi hanya setengahnya yang punya gejala akan Batu ginjal. Meski tanpa gejala, batu ginjal juga akan menimbulkan masalah, seperti infeksi dan penyumbatan pada aliran urin. Batu yang tersangkut di kandung kemih menyebabkan timbulnya banyak gejala.

Gejala yang umum terjadi adalah sakit luar biasa (urinary Colic) yang hilang timbul, dan biasanya bergerak dari bagian samping pinggang belakang (flank) ke bagian bawah perut (abdomen). Gejala umum lainnya termasuk:

  • Sakit Pinggang, paha, selangkangan, dan kemaluan
  • Darah dalam urin
  • Mual dan Muntah-Muntah

Batu ginjal dapat menyebabkan infeksi, gejala tambahannya bisa berupa Demam, berkeringat, dan buang air kecil yang sering, mendesak, serta kencing terasa sakit.

Masih banyak lagi tanda-tanda atau gejala yang tidak terdapat di atas. Jika Anda punya masalah dengan salah satu gejalanya, harap konsultasi dengan dokter.

Kapan harus periksa ke dokter?

Sebaiknya anda menghubungi dokter jika Anda mengalami gejala :

  • Muntah-Muntah parah, sakit teramat sangat yang membuat Anda tidak bisa duduk diam
  • Rasa sakit disertai Mual dan Muntah-Muntah
  • Rasa sakit disertai Demam dan meriang
  • Kencing berdarah
  • Susah buang air kecil

PENYEBAB

Apa penyebab batu ginjal?

Batu bisa terbentuk jika urin mengandung terlalu banyak bahan kimia tertentu seperti kalsium, asam urat, sistin, atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium). Melakukan diet yang sangat tinggi protein dan meminum terlalu sedikit air akan meningkatkan risiko terbentuknya batu. Sekitar 85% batu binjal terbuat dari kalsium. Batu asam urat terjadi lebih sering jika Anda juga menderita encok. Batu struvite terbentuk lebih sering di dalam urin yang terinfeksi (batu infeksi).

FAKTOR RESIKO

Apa yang dapat meningkatkan risiko pada batu ginjal?

Ada banyak faktor-faktor risiko batu ginjal, seperti:

  • Sejarah kesehatan keluarga atau pribadi 
  • Dehidrasi 
  • Diet-diet tertentu. Makan makanan diet tinggi protein, sodium, dan gula dapat meningkatkan risiko untuk beberapa tipe batu ginjal.
  • Mengalami Obesitas. 
  • Penyakit pencernaan dan operasi pencernaan. Operasi lambung (gastric bypass surgery), infeksi usus, atau Diare kronis bisa menyebabkan perubahan di dalam proses pencernaan yang memengaruhi penyerapan kalsium dan air, meningkatkan kadar tingkat pembentukan batu di dalam urin Anda

Kondisi medis lainnya. Penyakit dan kondisi lain yang bisa meningkatkan risiko batu ginjal termasuk renal tubular acidosis, cystinuria, Hyperparathyroidism, obat-obatan tertentu, dan beberapa Infeksi Kandung Kemih.

https://mindfullners.com/batu-ginjal/

PENGOBATAN

Apa saja pilihan pengobatan untuk batu ginjal?

Pengobatan pada batu ginjal tergantung pada beberapa hal, seperti ukuran dan jumlah batu, di mana letak batu berada, dan apakah ada infeksi atau tidak. Kebanyakan batu keluar dari tubuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat dan tindakan dari dokter. Cara paling mudah mengobati batu kecil atau mengeluarkannya adalah dengan cara minum banyak air putih. Obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Antibiotik dapat diberikan dokter jika ada infeksi.

Batu yang tidak dapat keluar sendiri perlu dikeluarkan dengan bantuan ahli urologi. Seorang ahli urologi adalah dokter yang memiliki spesialisasi di bidang penyakit saluran kemih. Ahli urologi biasanya menggunakan alat yang panjang dan tipis (ureteroscope) untuk mengeceknya.

Dokter juga menggunakan gelombang kejut untuk memecahkan batu menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah dikeluarkan. Pengobatan ini disebut Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Terkadang diperlukan operasi untuk mengeluarkan batu-batu ini (percutaneous nephrolithotomy).

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk batu ginjal?

Dokter akan melihat riwayat medis pasien, melakukan pengecekan fisik, dan melakukan tes urin. Pengecekan dengan x-ray atau ultrasound terhadap perut Anda bisa dilakukan jika dibutuhkan. Tes ini dapat mengungkap sebagian besar jenis batu (kalsium, cystine, dan batu struvite). Namun x-ray tidak bisa menunjukkan batu asam urat dan juga akan melewatkan batu-batu yang lebih kecil. Computed Tomography (CT) di saluran kemih adalah tes terbaik untuk mendiagnosa batu dan mendeteksi penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala yang serupa dengan batu ginjal.

Sangat jarang terjadi, namun jika diagnosisnya belum jelas, akan dilakukan studi x-ray spesial (intravenous pyelogram, atau IVP). Dalam studi ini, zat pewarna akan dipakai untuk mewarnai kantong kemih dan membantu pencarian batu.

PROGGRAM PENGOBATAN

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan dirumah yang dapat dilakukan untuk mengatasi batu ginjal?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut ini dapat membantu Anda mengatasi batu ginjal:

  • Minum semua obat yang diberikan
  • Ikutin saran dokter tentang pola makan
  • Banyak minum cairan, paling tidak 2-3 liter perhari
  • Hubungi dokter Anda jika kondisi memburuk

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

260 Semua Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *