Empat Tahap Skoring Metode Early Warning Sistem (EWS)

Early Warning Score (EWS) merupakan perangkat untuk membantu petugas kesehatan untuk mampu mengidentifikasi penurunan kondisi pasien sedini mungkin dan bila perlu mencari bantuan yang lebih kompeten.

Empat tahap penilaian skor metode Early Warning Sistem (EWS) dalam menangani atau memantau kondisi pasien, hal ini dijelaskan oleh Nursing Devalopment and Clinical Operation Devision Head Siloam Hospital, Silvania.

Parameter dalam menentukan skor penilaian pasien dengan metode Early Warning Sistem (EWS). Yakni tingkat kesadaran, respirasi atau pernafasan, saturasi oksigen, oksigen tambahan, suhu, denyut nadi, dan tekanan darah atau sistolik. 

Skor ke tujuh instrumen tersebut menentukan bentuk penanganan selanjutnya.

Skor EWS Nol (0)

Jika, nilai EWS nol (0) maka diajurkan monitoring TTV dan pantau kondisi pasien minimal 1 kali dalam setiap shift. Kemudian, catat pada lembar observasi EWS pasien dan ikuti petunjuk respon klinis rendah atau hijau.

Skor EWS 1-4 (Hijau)

Selanjutnya, Skor 1-4 atau Rendah (Hijau) dilakukan langkah-langkah seperti laporkan hasil EWS pada dokter, verifikasi maksimal 1 jam setelah dilakukan penilaian EWS, untuk menentukan frekuensi monitoring perlu ditambah atau eskalasi DPJP, lalu pantau setiap 4 jam dan catat pada lembar observasi EWS. Jika, kedepannya ditemukan skor di bawah 1 penangan ke klinis skor 0, tapi jika di atas 4 lanjutkan ke regulasi tahap berikutnya.

Skor EWS 5-6 (Kuning)

Skor EWS 5-6 Medium (Kuning), hal yang pertama kamu lakukan adalah melaporkan hasil kepada dokter jaga, lakukan verifikasi maksimal 30 menit setelah dilakukan penilaian, pantau setiap 1 jam sampai kondisi pasien membaik, dan catat atau dokumentasikan.

Jika, kondisinya menunjukan skor di bawah 5 maka tangani ke klinis skor rendah atau hijau tapi kalau menunjukan di atas 6 tingkatkan observasi setiap 30 menit dan ikuti petunjuk skor tinggi atau merah.

Skor EWS di atas 7 (Merah)

Penilaian tertinggi Skor EWS di atas 7 (Merah). Prosedur penanganan pasien dengan skor EWS diatas 7 yakni laporkan hasil Penilaian ke dokter jaga, lakukan verifikasi hasil pemeriksaan, dan penanganan kurang dari 15 menit kepada dr jaga, dokter jaga akan melaporkan hasil penilaian EWS ke DPJP, informasikan kondisi pasien kepada keluarga. Jika, memburuk maka dengan ijin DPJP  konsultasikan ke intensivist buat rekomendasi rawat intensif.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *