Mengenal Lebih Jauh Tentang Peran, Fungsi Perawat Dan Karakter Perawat

Mindfullners.com – Halo ners.. apa kabar kamu hari ini?. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang peran, fungsi dan karakter perawat yang perlu kita ketahui. Mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Peran Perawat

Menurut Konsorsium Ilmu Keperawatan (1989), ada 7 peran penting perawat yang perlu kita ketahui yaitu sebagai berikut. 

  1. Sebagai pemberi asuhan keperawatan, dalam hal ini perawat berperan dalam menyesuaikan pemberian asuhan keperawatan pada pasien dengan tetap memperhatikan kebutuhan dasar manusia. 
  2. Sebagai advokat pasien, dalam hal ini perawat akan membantu proses komunikasi dan pemberian informasi yang layak di antara pasien, keluarga, dan tenaga kesehatan lainnya. Perawat juga dapat membantu pasien dan keluarga untuk mendapatkan hak-haknya.
  3. Sebagai edukator, dalam hal ini perawat akan memberikan pengetahuan mengenai kondisi kesehatan, gejala, hingga tindakan yang perlu diambil untuk menambah perilaku hidup sehat pada pasien. 
  4. Sebagai koordinator, dalam hal ini perawat akan mengkoordinasikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi pasien.
  5. Sebagai kolaborator, dalam hal ini perawat dapat berkolaborasi berbagai tindakan yang perlu diambil untuk dapat memberikan pelayanan terbaik pada pasien, dengan tenaga kesehatan lainnya.
  6. Sebagai konsultan, di mana perawat dalam hal ini akan memberikan penjelasan terbaik mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien.
  7. Sebagai pembaharu, dalam hal ini perawat akan melakukan perencanaan, kolaborasi, serta perubahan yang sistematis demi mencapai tujuan pemberian pelayanan keperawatan yang terbaik untuk pasien. 

Fungsi Perawat

Fungsi perawat terdiri dari 3 yaitu independen, dependen, dan interdependen. Fungsi perawat ini dijalankan sesuai dengan perannya dalam memberikan pelayanan keperawatan dan  disesuaikan dengan kondisi yang dialami pasien. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi perawat yang lebih detail. 

  1. Independen, dalam hal ini perawat memiliki hak independen dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan yang terbaik yang didasarkan dari ilmu keperawatan. Tindakan independen yang diambil ini haruslah berdasarkan pada ilmu keperawatan. Selain itu, keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh perawat akan menjadi tanggung jawab penuh perawat tanpa melibatkan pihak lain. 
  2. Dependen, Fungsi perawat yang selanjutnya yaitu fungsi dependen yang membuat perawat dapat menjalankan anjuran atau saran dari dokter seperti pemasangan infus, pemberian obat, pengambilan sampel darah, penyuntikan dan sebagainya. Berbeda dari fungsi sebelumnya yang menjadi tanggung jawab penuh perawat, maka dalam fungsi ini yang bertanggung jawab secara penuh adalah dokter. 
  3. Interdependen, dalam fungsi ini, perawat dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak lain yang terlibat dalam usaha memberikan pelayanan kesehatan terbaik, seperti dokter, ahli gizi, fisioterapi, dan para ahli untuk memberikan tindakan keperawatan terhadap pasien. Sebagai contoh, dalam menangani pasien yang menderita diabetes, perawat akan bekerja sama dengan ahli gizi dalam menentukan kebutuhan asupan makanan sang pasien. 

Karakter Perawat

Sebagai perawat haruslah memenuhi peran dan fungsi perawat sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, terdapat pula beberapa kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh calon perawat. Hal ini adalah karakter perawat yang beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Peduli
  2. Terampil
  3. Aktif dan komunikatif
  4. Sabar
  5. Telaten
  6. Teliti 
  7. Terampil 
  8. Ramah
  9. Kreatif
  10. Etis

Dengan memiliki seluruh karakter di atas, maka sudah bukan hal yang mustahil lagi. Tidak perlu khawatir karena karakter-karakter di atas sangat mungkin untuk dilatih dan dibentuk serta dipersiapkan sejak dini. 

Nah.. gimana pemahasan kita hari, silakan berikan saran pada kolom komentar selanjutnya apalagi yg akan kita bahas. Sampai jumpa lagi ners.

13 Semua Komentar

    Avatar for Ners

    Glucotrust

    Desember 27, 2023

    GlucoTrust is a revolutionary blood sugar support solution that eliminates the underlying causes of type 2 diabetes and associated health risks.

    Balas

    Avatar for Ners

    Puravive

    Desember 30, 2023

    Puravive introduced an innovative approach to weight loss and management that set it apart from other supplements. It enhances the production and storage of brown fat in the body, a stark contrast to the unhealthy white fat that contributes to obesity.

    Balas

    Avatar for Ners

    Aizen Power

    Desember 30, 2023

    Aizen Power is a dietary supplement for male enhancement sexual health that is designed to help enhance men's sexual performance and improve overall health.

    Balas

    Avatar for Ners

    EndoPeak

    Desember 30, 2023

    Be The Ruthless Man In Bed That She Craves For. Be The Master Of Lovemaking Activity Just In A Month And Perform Like The Actor You See In

    Balas

    Avatar for Ners

    Kerassentials

    Desember 30, 2023

    Kerassentials are natural skin care products with ingredients such as vitamins and plants that help support good health and prevent the appearance of aging skin. They’re also 100% natural and safe to use. The manufacturer states that the product has no negative side effects and is safe to take on a daily basis. Kerassentials is a convenient, easy-to-use formula.

    Balas

    Avatar for Ners

    Sonovive

    Desember 30, 2023

    SonoVive™ is an all-natural supplement made to address the root cause of tinnitus and other inflammatory effects on the brain and promises to reduce tinnitus, improve hearing, and provide peace of mind.

    Balas

    Avatar for Ners

    Prodentim

    Desember 30, 2023

    ProDentim is a nutritional dental health supplement that is formulated to reverse serious dental issues and to help maintain good dental health.

    Balas

    Avatar for Ners

    sightcare

    Januari 1, 2024

    Sight Care is a daily supplement proven in clinical trials and conclusive science to improve vision by nourishing the body from within. The Sight Care formula claims to reverse issues in eyesight, and every ingredient is completely natural.

    Balas

    Avatar for Ners

    puravive

    Februari 14, 2024

    This is such an informative and well-written post! I learned a lot from reading it and will definitely be implementing some of these tips in my own life

    Balas

    Avatar for Ners

    puravive

    Februari 17, 2024

    Your blog post was fantastic, thanks for the great content!

    Balas

    Avatar for Ners

    SCAM MONEY

    Mei 18, 2024

    SCAM MONEY

    Balas

    Avatar for Ners

    Cheryll Weter

    Mei 18, 2024

    😎 Cool cats, spill the chill vibes from the fifth line of the post!

    Balas

    Avatar for Ners

    Spencer Delgadilo

    Juni 12, 2024

    Não há nada mais valioso do que confiar nos serviços que utilizamos online. Este site inspira confiança desde o primeiro momento. Obrigado por ser um porto seguro na vastidão da internet.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *