SPO – Pemasangan Gelang Pasien Rawat Inap

PENGERTIAN

Proses kegiatan pemasangan gelang identitas pasien rawat inap.

TUJUAN

Sebagai alat untuk memastikan kebenaran identitas diri pasien untuk mencegah kesalahan dalam pelayanan kepada pasien.

KEBIJAKAN

Setiap pasien yang masuk rawat inap dipasangkan gelang identitas pasien (Sesuai Dengan SK Direktur No. No. … Tentang Kebijakan Pelayanan RS. ).

PROSEDUR

A. Persiapan Alat :

  1. Gelang identitas pasien ( biru/merah muda )
  2. Status Rekam Medis

B. Pelaksanaan : (dilakukan oleh perawat Instalasi Rawat Jalan atau Instalasi Gawat Darurat)

  1. Siapkan gelang identitas pasien sesuai jenis kelamin (biru untuk pasien laki-laki, merah muda untuk pasien perempuan).
  2. Tempelkan label pasien pada gelang identitas.
  3. Ucapkan salam, perkenalkan diri dan jelaskan maksud dan tujuan pemasangan gelang identitas kepada pasien, dengan kata- kata, “ Selamat pagi/siang/mlm Ibu/Bapak/Saudara, nama saya … Saya akan memasangkan gelang identitas ini di pergelangan tangan kiri Ibu/Bapak dengan tujuan untuk memastikan identitas Ibu/Bapak dengan benar dalam mendapatkan pelayanan dan pengobatan selama masa rawat inap di rumah sakit ini. Setelah Ibu/Bapak/Saudara berada di ruang rawat inap, petugas kami akan selalu melakukan verifikasi identitas dengan melihat gelang identitas ini dan meminta Bapak/Ibu/Saudara untuk menyebutkan nama, sebelum memberikan pelayanan/ prosedur tindakan.”
  4. Pasangkan gelang identitas pada pergelangan tangan kiri pasien bila memang memungkinkan. Atau pada sisi lain sesuai dengan kondisi masing-masing pasien, sesuai dengan Panduan.
  5. Informasikan kepada pasien dan atau keluarga bahwa gelang identitas ini harus selalu dipakai hingga pasien diperbolehkan pulang. “ Ibu/Bapak, gelang identitas ini harus selalu dipakai selama masih dalam masa perawatan di rawat inap RS Baptis Batu. “
  6. Ucapkan terimakasih dan sampaikan “Semoga lekas sembuh”
UNIT TERKAIT
  1. Instalasi Rawat Inap.
  2. Instalasi Gawat Darurat.
  3. Instalasi Rawat Jalan.

220 Semua Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *